Surveilans pra/pelaksanaan pelepasliaran nyamuk ber-Wolbachia dan Monitoring ke-6 di Kota Semarang

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan disebarkan oleh vektor. Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah Dengue. Kasus DBD pertama di Indonesia dilaporkan di Surabaya pada tahun 1968. Sejak pertama kali ditemukan kasus ini terus menunjukkan peningkatan setiap tahun. Dengue merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang menimbulkan kesakitan dan kematian yang tinggi di Indonesia secara nasional sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan. Pada tahun 2023 terdapat 114.720 kasus DBD dengan jumlah kematian sebanyak 894 kasus. Kasus maupun kematian akibat DBD mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 yaitu sebesar 143.266 kasus dan 1.237 kematian.(1)

Metode Wolbachia pada nyamuk aedes aegypti yang digunakan untuk menggantikan populasi nyamuk aedes aegypti telah terbukti memberi manfaat kesehatan masyarakat melalui penurunan kejadian dengue, sehingga diperlukan uji coba penerapan metode wolbachia sebagai pelengkap program dalam upaya penanggulangan dengue di Indonesia. Wolbachia merupakan bakteri yang hidup secara alami di serangga dan dapat melumpuhkan virus dengue yang ada di nyamuk Aedes aegypti.(2)

Menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/1341/2022 tentang Penyelenggaraan Pilot Project Penanggulangan Dengue dengan Metode Wolbachia telah dilakukan kegiatan Surveilans Pra/Pelaksanaan Pelepasliaran Nyamuk ber-Wolbachia di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Jawa Tengah, tanggal 04 s.d 05 September 2024 dalam bentuk pendalaman identifikasi jentik dan nyamuk bagi koordinator lapangan Wolbachia di Kota Semarang.
Kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antara Direktorat Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Semarang.

Penulis : M. Pujianto, SKM, M.Kes

DAFTAR PUSATAKA
1. Kementerian Kesehatan R.I., Sekretariat Jenderal. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Kementerian Kesehatan R.I. Jakarta; 2024.
2. Kementerian Kesehatan R.I. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Penyelenggaraan Pilot Project Penanggulangan Dengue Dengan Metode Wolbachia. Kementerian Kesehatan R.I., HK.01.07/MENKES/1341/2022 Indonesia; 2022.

You may also like...