PENGAWASAN KAPAL PENUMPANG SELAMA LIBURAN MUSIM PANAS DI PELABUHAN JEPARA

Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas I Semarang adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Direktorat Jendral Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang berpusat di Semarang namun memiliki 10 wilayah kerja dan salah satunya ada di Wilayah Kerja Pelabuhan Jepara. Sebagai perpanjangan tangan dari BKK Semarang, Wilker Jepara melakukan tugas dan fungsi dari BKK yaitu pengawasan orang / Penumpang, barang dan alat angkut dalam rangka cegah tangkal penyakit.
Pengawasan kesehatan kapal penumpang sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang serta mencegah penyebaran penyakit. beberapa langkah yang dilakukan BKK Semarang Wilayah Kerja Jepara dalam Pengawasan kapal Penumpang diantaranya yaitu Pemeriksaan Kesehatan Penumpang dan Awak: (Melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan gejala kesehatan lainnya sebelum boarding apabila terdapat Penumpang dan Awak yang sakit).
Langkah Selanjutnya yaitu Menerapkan protokol kebersihan yang ketat, termasuk pembersihan dan desinfeksi rutin area umum, kabin, dapur dan fasilitas toilet. Monitoring dan Pelaporan (Menerapkan sistem untuk memantau dan melaporkan kondisi kesehatan penumpang selama perjalanan). Bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat untuk mendapatkan panduan terbaru dan melakukan audit kesehatan berkala. Dengan langkah-langkah ini, pengawasan kesehatan kapal penumpang dapat berjalan efektif dan membantu menciptakan lingkungan yang aman bagi semua.
Selama musim liburan musim panas, petugas BKK Semarang Wilayah kerja Jepara tetap melakukan tugasnya di pelabuhan seperti biasanya. jumlah penumpang yang datang dan berangkat selama liburan musim panas dapat dilihat pada grafik di bawah ini :

Penambahan jadwal kapal selama musim liburan adalah langkah yang baik untuk memenuhi kebutuhan perjalanan wisatawan. Berikut ini adalah screenshot dari perubahan jadwal tambahan kapal selama liburan musim panas

Jadwal Tambahan Kapal Penumpang

Dengan bertambahnya jadwal kapal penumpang maka petugas BKK wilker Jepara harus lebih siaga dan bersiap jika ada penumpang yang sakit. Skema Lalu lintas orang sakit di pelabuhan jepara kurang lebih seperti ini; setiap kali ada rujukan pasien dari Puskesmas Karimunjawa, BKK Semarang Wilayah kerja Jepara standby membackup dari ambulans PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. jika ambulance PSC 119 tidak datang, maka dari BKK Semarang Wilayah kerja Jepara akan melakukan rujukan ke rumah sakit RSUD Jepara. Namun apabila tidak ada rujukan dari Puskesmas Karimunjawa, wilker Jepara tetap standby melakukan pengawasan penumpang, terutama jika ada kasus penumpang sakit saat di dalam kapal, seperti kecelakaan di dalam kapal ataupun pingsan saat di dalam kapal, petugas wilker Jepara akan melakukan perawatan medis dan akan melakukan rujukan ke rumah sakit terdekat.
selama liburan musim panas tahun ini, khususnya bulan Juli, banyak kedatangan penumpang sakit atau pasien rujukan ke Rumah Sakit di Jepara. Jumlah pengawasan kedatangan orang sakit oleh BKK Semarang Wilayah kerja Jepara dapat dilihat pada gambar di bawah ini

selain pengawasan lalu lintas orang sakit, BKK Semarang Wilayah kerja Jepara juga melakukan pengawasan lalu lintas jenazah. setidaknya ada tiga jenazah yang terdata di aplikasi sinkarkes Jepara. ketiga jenazah itu merupakan kedatangan dari Karimunjawa. sedangkan tidak ada data di sinkarkes keberangkatan jenazah dari Jepara. hal ini menjadi perhatian khusus bagi BKK Semarang Wilayah kerja Jepara untuk mensosialisasikan kepada agen kapal khususnya kapal siginjai. Kapal ferry siginjai jika membawa muatan mobil ambulan / mobil jenazah berisi jenazah, agar memberi informasi kepada Petugas Wilker Jepara.
selama ini kapal ferry siginjai selalu menghubungi petugas BKK Semarang Wilayah kerja Jepara jika ada penumpang yang sakit di kapal. mobil ambulan BKK Semarang Wilayah kerja Jepara selalu siap dan standby jika diperlukan untuk melakukan rujukan pasien. hampir setiap hari ambulan BKK Semarang Wilayah kerja Jepara dipakai untuk melakukan pengawasan kapal penumpang di pelabuhan Jepara. Musim hujan maupun musim panas. Semoga tetap tangguh dan Prima ambulan BKK Semarang Wilayah kerja Jepara

You may also like...