MAKKAH ROUTE 2024 ADISOEMARMO INTERNATIONAL AIRPORT (SOC)

A. Latar Belakang

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan
Debarkasi Haji Tahun 1445 H / 2024 M tanggal 23 Januari 2024 yang menyatakan bahwa Bandara Internasional Adisoemarmo sebagai Bandara Embarkasi dan Debarkasi Haji yang berasal dari daerah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sesuai Keputusan Menteri Agama No 397 Tahun 2024 tentang Bandara Pemberi layanan mecca road dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 bahwa Bandara yang melayani kegiatan layanan mecca road adalah Bandara Soekarno Hatta, Bandara Adisoemarmo dan Bandara Juanda.
Tahun 2024 Bandara yang baru melayani mecca route di tahun 2024 yaitu : Bandara Adisoemarmo Boyolali dan Bandara Juanda Surabaya, dimana Tahun 2023 sebelumnya sudah dilakukan di Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

Bandara Adisoemarmo (SOC) merupakan salah satu Bandara yang terletak di wilayah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah dimana Calon Jamaah haji Sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisensi layanan haji Tahun 2024, Bandara Adisoemarmo (SOC) ditunjuk sebagai salah satu layanan fast track mecca route, mengingat jumlah Calon Jamaah Haji yang berasal dari Bandara SOC ini memberangkatkan sebanyak 36.037 orang dan merupakan terbesar ketiga setelah dari Bandara Juanda dan Bandara Soekarno Hatta.
Sejalan dengan Permenkes No 62 Tahun 2016 tentang peyelenggaraan kesehatan Haji pelayanan Kesehatan haji harus mempunyai nilai manfaat pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi Calon Jamaah Haji di Asrama Haji Donohudan diantaranya pemeriksaan Kesehatan, layanan rawat jalan, darurat, laboratorium, rujukan dan kekarantinaan Kesehatan , layanan Keberangkatan dari asrama Haji Donohudan ke Bandara Adisoemarmo (SOC) dan sebaliknya.

Profil Calon Jamaah Haji yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagian besar adalah usia lanjut / diatas 60 tahun sebanyak 15.262 atau 42,4% dan Calon Jamaah yang mempunyai risti sebanyak 29.110.
Dalam rangka pembinaan kesehatan haji diselenggarakan secara terpadu, terencana, terstruktur dan terukur melalui serangkaian kegiatan promotive dan preventif mulai Calon Jamaah Haji mendaftar sampai dengan kepulangan ke Indonesia. Dalam proses layanan haji yang komplek, maka diperlukan upaya terobosan / inovasi agar proses pemeriksaan atau layanan Calon Jamaah Haji bisa lebih singkat namun sesuai dengan aturan dan kebijakan yang sudah ditentukan yaitu melalui fast trak mecca route di Bandara Adisoemarmo (SOC).

B. Hasil kegiatan Mecca Route di Bandara Adisoemarmo Boyolali

1. Persiapan/Pra Embarkasi

a. Tanggal 20 Maret 2024 : Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama stake holder Bandara Adisoemarmo melakukan rapat koordinasi terkait persiapan ruang untuk lokasi mecca route dengan Komandan Angkatan Udara
Bandara Adisoemarmo, PT Angkasa Pura I Bandara Adisoemarmo, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Semarang, Kantor Imigrasi Kota Surakarta, Kantor Bea Cukai Kota Surakarta , Vendor KSA (Dagang Net) , Vendor lokal (Mbangun desa).
b. Tanggal 15 April s/d 10 Mei 2024 : Persiapan Penataan dan rehab Gedung Eks TKI Bandara Adisoemarmo oleh Dagang Net sebagai vendor KSA.
c. Lokasi Mecca Route : Gedung Eks Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara
Adisoemarmo.

(Gambar 1 dan 2)

d. Tanggal 7 Mei 2024 : Rapat Koordinasi Keamanan Penerbangan Haji 2024 oleh
Komunitas Bandara SOC
e. Tanggal 10 Mei 2024 : Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bersama stake holder Bandara Adisoemarmo melakukan tinjauan lapangan pada 10 Mei 2024 dengan Komandan Angkatan Udara Bandara Adisoemarmo, PT Angkasa Pura I Bandara Adisoemarmo, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Semarang, Kantor Imigrasi Kota Surakarta, Kantor Bea Cukai Kota Surakarta , Vendor KSA (Dagang Net) , Vendor lokal (Mbangun desa), Garuda Indoensia, PT Gapura Angkasa dan PT Angkasa Pura Support.
f. Penataan fasilitas dan isian Mecca Route (pada ruang kesehatan) diantaranya Bad pasien, kursi roda, nakas, obat-obatan, EKG, Tabung O2, tensi meter dan Tas Emergency bersama vendor Dagang net.

(Gambar 3)

2. Pelaksanaan Mecca Route di Bandara Adisoemarmo

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No 397 Tahun 2024 tentang Bandara Pemberi layanan mecca road dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 bahwa salah satu Bandara yang melayani kegiatan layanan mecca road adalah Bandara Adisoemarmo.
Proses pelaksanaan Mecca Route selama 1 Bulan pada fase Keberangkatan dimana proses pemeriksaan passport yang semula dilakukan di Bandara tujuan (Arab Saudi) namun di lakukan di Bandara asal / Bandara Adisoemarmo oleh petugas Imigrasi Kerajaan Arab Saudi. Proses pemeriksaan dokumen passport memerlukan waktu 1,5 jam diteruskan 1,5 jam selanjutnya proses Calon Jamaah Haji masuk ke pesawat Garuda Indonesia sebagai alat angkut Calon Jamaah Haji yang berasal dari Bandara
SOC. Rombongan bis CJH bergerak keluar dari Asrama Haji Donohudan menuju ke Bandara Adisoemarmo biasanya didorong antara 3 – 3,5 jam sebelum di terbangkan dari Bandara SOC. Jumlah jamaah Haji yang berhasil diberangkatan melalui Bandara SOC sebanyak 36.037 orang. Pendampingan CJH juga dilakukan selama proses mecca route berlangsung oleh petugas PPIH Bidang kesehatan (BKK Semarang) di ruang tunggu sebelum pemeriksaan passport di mecca route.
Proses pemeriksaan passport di mecca route oleh petugas Imigrasi Arab Saudi di Bandara Adisoemarmo .

(Gambar 4)

a. Flow / Alur Masuk Bandara Adisoemarmo
Rombongan bis Calon Jamaah Haji berangkat 3 s/d 3,5 jam dari Jadwal penerbangan di Bandara Adisoemarmo.
Keberangkatan Calon Jamaah Haji dari Asrama haji Donohudan ke Bandara Adisoemarmo memerlukan waktu 10-15 menit dengan di kawal Mobil Patwal Polisi dari depan dan Ambulance dari belakang.
Alur masuk Bandara Adisoemarmo melalui Pintu Masuk sisi timur kemudian masuk melalui jalur AFFR (Pemadam Kebakaran) untuk diendapkan sementara waktu setelah itu dilakukan pemeriksaan kendaraan dan petugas oleh petugas AVSEC. Proses menuju wilayah APRON Bandara SOC harus seijin oleh AMC dan dikawal Mobil Follow me dari AMC untuk pergerakannya di masuk wilayah AIRSIDE (sisi udara).

(Gambar 5)

b. Flow / Alur Keluar Bandara Adisoemarmo

Rombongan bis Calon Jamaah Haji keluar dari Bandara Adisoemarmo menuju ke Asrama Ahji Donohudan Kembali relative lebih mudah karena langsung di kawal Mobil patwal Polisi dan Ambulance.
Jalur keluar dari APRON Bandara Adisoemarmo menggunakan jalur yang sama pada waktu masuk ke APRON yaitu melewati Gedung Pemadam Kebakaran (AFFR) / satu jalur yang sama waktu masuk untuk diendapkan sementara waktu sebagai rangkaian untuk pawai kendaraan bis untuk persiapan pengawalan.
Jalur keluar Bandara Adisoemarmo melalui Pintu keluar Bandara Adisoemarmo yang sudah siap dikawal mobil patrol Polisi menuju Asrama haji Donohudan dengan waktu tempuh 10-15 menit seperti gambar 6

c. Peresmian Mecca Route di Bandara Adisoemarmo

Pada tanggal 31 Mei 2024 di Bandara Adisoemarmo telah dilakukan peresmian fast track mecca route oleh Bapak Wakil Presiden : Bp. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Agama RI Bapak Yaqut Qolil Qoumas bersama Dirjen Imigrasi Kerajaan Arab Saudi Sulaiman Bin Abdul Aziz dan delegasi Arab Saudi.
Wakil Presiden Bpk Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa dengan adanya fast track mecca route memungkinkan Calon Jamaah Haji (CJH) lebih nyaman karena tidak perlu menunggu lama hanya maksimal 1,5 jam per kloter ( 360 orang CJH) karena pemeriksaan passport di Bandara kedatangan di Arab Saudi jauh lebih lama dan antri yang cukup panjang. Hal ini menjadi bentuk kemudahan layanan serta peningkatan opersional haji tahun 2024 khususnya di Bandara Adisoemarmo melalui pemeriksaan passport oleh petugas Imigrasi Arab Saudi di Bandara asal keberangkatan (Gambar 7)

C. KESIMPULAN

1. Pelaksanaan Fast track mecca route berlangsung selama masa keberangkatan tanggal 11 Mei s/d 10 Juni 2024
2. Fast track mecca route merupakan kemudahan layanan Calon Jamaah Haji dalam proses keimigrasian Arab Saudi di Bandara Adisoemarmo SOC (Bandara Asal).
3. Proses Fast track mecca route dalam pemeriksaan dokumen passport oleh petugas Arab Saudi memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam per kloter.
4. Fast track mecca route diresmikan oleh Bapak Wakil Presiden bersama Menteri Agama serta delegasi Imigrasi Arab Saudi pada tanggal 31 Mei 2024.
5. Isian pada ruang kesehatan mecca route oleh Balai Kekarantinaan Kesehatan Semarang diantaranya Bad pasien, kursi roda, nakas, EKG, Tabung O2, tensi meter dan Tas Emergency dan obat-obatan emergency dan Pendampingan CJH selama proses mecca route berlangsung oleh petugas PPIH Bidang kesehatan (BKK Semarang) di ruang tunggu sebelum pemeriksaan passport di mecca route.

D. PENUTUP
Demikian hasil kegiatan Fast Track Mecca Route di Bandara Adisoemarmo (SOC) Tahun 2024 M.

Oleh : Ismail Marzuki,SKM,M.Kes

You may also like...