KOLABORASI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II SEMARANG BERSAMA LINTAS SEKTOR DALAM RANGKA KEGIATAN AKSI CEK KESEHATAN BERLAYAR DI PELABUHAN PEKALONGAN


Tim Kesehatan KKP Kelas II Semarang wilker Pekalongan dan Dokkes Polres Pekalongan Kota mengecek kesehatan para nelayan dan ABK, dalam Aksi Cek Kesehatan Berlayar yang digelar Satpolairud Polres Pekalongan Kota, Selasa (23/5/2023)

Untuk mengantisipasi serta meminimalisir kasus nelayan atau anak buah kapal (ABK) yang meninggal dunia saat melaut, Sat Polairud Polres Pekalongan Kota melakukan Aksi Cek Kesehatan Berlayar (CKB) di kawasan Pelabuhan Kota Pekalongan, Selasa (23/5/2023).
Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan kru KP IX-1015 Dit Polairud Polda Jateng, Dokkes Polres Pekalongan Kota dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang wilker Pelabuhan Pekalongan

Aksi Cek Kesehatan Berlayar ini dilakukan karena jumlah kasus nelayan atau ABK yang meninggal dunia ketika sedang melaut cukup banyak. Bahkan terjadi peningkatan. Sasaran dari pengecekan kesehatan ini adalah para nelayan ataupun ABK yang hendak berangkat melaut atau berlayar.
“Tahun 2022, ada 60 orang nelayan atau ABK Jawa Tengah yang meninggal dunia saat melaut. Kemudian pada triwulan pertama 2023 sudah ada 30 orang” kata AKP Nyoman Hermanto selaku Kasat Polairud Polres Pekalongan Kota. Mereka sebagian besar meninggal dunia karena sakit.
Pengecekan atau pemeriksaan kesehatan meliputi cek tensi darah, kadar oksigen dalam darah (SpO2), riwayat masing-masing individu, dan sebagainya. Diharapkan melalui kegiatan ini bisa meminimalisir kasus ABK meninggal di laut.

You may also like...