KKP Kelas II Semarang Mengenal Muay Thai

Muay thai adalah seni bela diri dari Kerajaan Thailand. Sekilas Muay Thai dan Boxing memiliki teknik pertarungan yang hampir sama. Perbedaan Muay Thai dan Kickboxing adalah pada gerakan, di mana gerakan Muay Thai lebih lengkap dibandingkan dengan boxing, Muay Thai menggunakan upper dan lower body, sedangkan Boxing hanya menggunakan upper body saja. Muay Thai berasal dari bahasa Sanskerta, di mana Muay "mavya" ("tinju bela diri") dan Thai berasal dari kata "Tai" ("suku Thai"). Muay Thai disebut sebagai "Seni Delapan Tungkai" atau "Ilmu Delapan Tungkai" karena tehniknya sangat sarat menggunakan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut, sehingga penggunaan delapan "titik kontak", yang berbeda dengan tehnik "dua poin" (tinju) di tinju gaya Barat dan "empat poin" (tangan dan kaki) yang digunakan dalam seni bela diri yang berorientasi olahraga. Seorang praktisi Muay Thai dikenal sebagai nak Muay , sedangkan praktisi Barat, kulit putih atau non-Asia Tenggara kadang-kadang disebut nak Muay farang, yang berarti "petinju asing" .

Praktisi Muay Thai mengklaim bahwa Muay Thai telah ada selama dua ribu tahun. Muay Thai berevolusi dari Muay Boran ("tinju kuno"), sebuah metode pertempuran tangan kosong yang mungkin telah digunakan oleh tentara bangsa Siam setelah kehilangan senjata mereka di pertempuran. Beberapa juga percaya bahwa militer bangsa Siam kuno menciptakan Muay Thai dari seni berbasissenjata Krabi krabong tetapi yang lain berpendapat bahwa keduanya dikembangkan bersamaan satu sama lain. Krabi Krabong tetap merupakan pengaruh penting pada Muay Thai seperti dapat dilihat pada beberapa teknik tendangan, pitingan dan gerakan-gerakan dalam wai khru yang memiliki asal usul mereka dalam pertempuran bersenjata.

Muay Boran, dan setelah itu Muay Thai, awalnya disebut "dhoi muay" atau hanya "Muay". Selain digunakan sebagai teknik pertempuran praktis untuk digunakan dalam perang yang sebenarnya, "Muay" kemudian menjadi sebuah olahraga di mana dua lawan bertempur di depan penonton yang pergi untuk melihat hiburan. Kontes "Muay" ini berangsur-angsur menjadi bagian integral dari perayaan festival lokal negeri Siam, khususnya yang diadakan di kuil persembahyangan Hindu-Buddha .

Di Indonesia Muay Thai menjadi salah satu bela diri yang cukup populer dan mulai masuk ke perkantoran sebagai kegiatan ekstra untuk menambah kebugaran pegawai. Muay Thai di KKP Semarang mulai digaungkan pada tahun 2018. Berawal dari sekelompok individu yang berantusias untuk diit dan membakar kalori dalam jumlah yang banyak, Muay Thai menaruh hati tersendiri bagi penggemarnya di KKP Kelas II Semarang. Kegiatan Muay Thai di KKP Semarang pun mendapat dukungan penuh dari Kepala kantor, dr. Aryanti, MM, MKM, sehingga cukup banyak pegawai yang berlatih Muay Thai. Di KKP Semarang latihan Muay Thai diadakan pda hari Selasa dan Jumat mulai pukul 15.00 sampai dengan selesai. Setidaknya sudah dua pelatih yang pernah melatih di KKP Semarang. Yaitu Coach Alif dan Coach Catur.

Teknik Muay Thai dibagi menjadi dua kelompok yaitu "Mae Mai" atau "teknik utama" dan "Luk Mai" atau "teknik minor". Muay Thai sering merupakan seni tempur kontak penuh, dimana lawan saling bertukar pukulan dengan satu sama lain. Hampir semua teknik dalam Muay Thai menggunakan gerakan seluruh tubuh, memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku dan tangkisan.
A. Siku lengan (Tee sok)
Siku lengan dapat digunakan dalam beberapa cara sebagai senjata serangan: horisontal, diagonal-ke atas, diagonal-ke bawah, pukulan ke atas, ke bawah, ke belakang-berputar dan terbang. Dari sisi samping sikut dapat digunakan sebagai jurus penghabisan atau sebagai cara untuk memotong pelipis lawan sehingga darah bisa menghalangi pandangannya. Siku diagonal lebih cepat dari bentuk-bentuk serangan sikut lain, tetapi kurang kuat.

B. Tendangan (Tae)
Dua tendangan yang paling umum di Muay Thai dikenal sebagai teep (harfiah "jab kaki") dan teh chiang (menendang ke atas dalam bentuk segitiga memotong di bawah lengan dan rusuk) atau "tendangan sudut".
Petarung Thai dilatih untuk selalu menangkis dan menyerang dengan tulang kering. Kaki berisi banyak tulang halus dan jauh lebih lemah. Seorang petarung mungkin malah akan menyakiti dirinya sendiri jika ia mencoba untuk menyerang dengan kakinya atau kura-kura kaki.

C. Dengkul / lutut (Tee kao)
1) "Kao Dode" (Serangan lutut lompat) petarung melompat dengan satu kaki dan menyerang dengan lutut kaki tersebut.
2) "Kao Loi" (Serangan lutut terbang) petarung mengambil langkah, melompat ke depan dan dari satu kaki menyerang dengan lutut kaki tersebut.
3) "Kao Tone" (Serangan lutut lurus) petarung hanya menyodor lutut ke depan tetapi tidak ke atas, kecuali ia memegang kepala lawan ke bawah dalam pitingan dan berniat untuk mendengkul ke atas, ke wajah lawan. Menurut salah satu sumber tertulis, teknik ini agak lebih baru dibanding "Kao Dode" atau "Kao Loi".
Dalam sebuah episode acara televisi Amerika Serikat Fight Science, seniman bela diri menggunakan tehnik tendangan paling kuat mereka pada boneka uji-kecelakaan untuk menguji kekuatan serangan mereka. Acara ini membandingkan kekuatan rusak tendangan-sisi karate, tendangan terbang ganda Cina, tendangan belakang berputar taekwondo dan serangan lutut Muay Thai yang dilakukan oleh juara Muay Thai Melchor Menor. Dalam hal kekuatan, tenaga, kerusakan dan depresi dada yang diakibatkan tendangan, serangan lutut Muay Thai mengakibatkan daya yang paling besar dari semua teknik tersebut.

D. Dorongan kaki (teep)
Dorongan-kaki atau secara harfiah "jab kaki" adalah salah satu teknik dalam Muay Thai. Hal ini terutama digunakan sebagai teknik defensif untuk mengendalikan jarak atau serangan tangkisan. Dorongan-kaki harus dilancarkan dengan cepat tetapi dengan kekuatan yang cukup untuk menjatuhkan lawan dari keseimbangan.

Manfaat
A. Pertahanan Diri dari tindak Kejahatan
Salah satu tujuan utama dari latihan bela diri yaitu untuk melindungi diri daritindak kejahatan. Muay Thai memiliki gerakan yang mudah diaplikasikan dengan tangan kosong.
B. Menjaga kesehatan
Muay Thai mengkoordinasikan gerakan antara upper dan lower body, hal ini yang membuat tubuh menjadi bugar, sehat.
C. Membentuk Tubuh
Salah satu bonus ketika kita rajin berolahraga adalah memiliki bentuk tubuh yang indah.

Tips Berlatih Muay Thai
A. Fokus
Dalam berlatih Muay Thai diperlukan fokus yang tinggi, selain focus untuk berlatih, ketika melakukan gerakan kita juga perlu focus untuk mengikuti arahan dari Coach sehingga menghindari diri dari cidera.
B. Menjagaasupan dan pola makan
Satu hal yang sering dilupakan ketika berlatih Muay Thai adalah menjaga kualitas nutrisi untuk tubuh dengan pola yang benar.Diet bukan berarti tidak makan, yang betul adalah menjaga asupan yang betul-betul baik untuk tubuh. Apalagi olahraga jenis Muay Thai yang membuat tubuh banyak bergerak sehingga lebih cepat membakar kalori.
C. Memakai perlengkapan pribadi
Selalumenggunakan perlengkapan pribadi, mulai dari sarung hingga handuk, meskipun sudah disediakan.Hal inidikarenakanapabiladigunakan beramai-ramai tentu saja akan mengurangi kenyamanan.

Penulis : Ardi Prasetyo




















Kategori Berita

Arsip File