Laporan hasil survey kepuasan terhadap pelayanan Vaksin

Survey kepuasan pelanggan menjadi suatu sarana untuk menggali hal-hal yang perlu diperbaiki atau yang perlu dipertahankan ataupun ditingkatkan dalam suatu layanan. Sebelum melakukan rangkaian kegiatan Survey yang seringkali membutuhkan biaya yang besar, ada baiknya suatu organisasi mendalami terlebih dahulu Apa yang ingin diperoleh melalui pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan. Survey Kepuasan Pelanggan merupakan syarat wajib pada organisasi menuju predikat WBK/WBBM. Kantor atau instansi ingin mengukur apakah pelayanan yang selama ini diberikan kepada pelanggan sudah memenuhi harapan pelanggan KKP.

Tujuan yang paling utama dalam suatu Survey adalah untuk merumuskan strategi layanan yang unggul dan excellent. Hal ini bisa diperoleh jika dalam Survey digali lebih dalam kebutuhan pelanggan, perilaku, dan juga permasalahan yang sering di hadapi. Survey di lakukan ke Jamaah yang akan melakukan Vaksin di KKP Semarang dengan jumlah responden 43 orang pada bulan Pebruari Juni 2020.

Survey dilakukan dengan cara acak pada responden (random sampling)  memilih icon menu (orang senyum, biasa dan cemberut) pada tampilan layar tablet yang disediakan.

Pada grafik 1 dijelaskan bahwa hasil Survey kepuasan pelayanan vaksinasi yang dilakukan di KKP Semarang tahun 2020 dalam kurun waktu 5 bulan dari bulan Pebruari sampai dengan bulan Juni 2020 didapatkan hasil bahwa seluruh responden yang diSurvey 100% menyatakan puas terhadap pelayanan yang diterima.

Menurut grafik 2 dijelaskan bahwa tingkat kepuasan responden dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
1.  Pelayanan cepat dipilih responden sebanyak 30 responden
2.  Petugas ramah dipilih oleh sebanyak 13 responden
3.  Sarana/prasarana memadai memuaskan responden sebanyak 0 responden

Sehingga dapat kita lihat bahwa faktor pelayanan cepat mempengaruhi mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan sebesar 69,8% sedangkan petugas ramah sebanyak 30,2% di KKP Semarang tahun 2020.

Adapun terdapat saran/masukan dari responden agar petugas kesehatan yang memberikan pelayanan vaksinasi disesuikan dengan jenis kelamin pelanggan yang akan melakukan vaksinasi dan menghindari sentuhan petugas yang bukan mahrom.

Kesimpulan
Pelayanan vaksinasi yang diberikan oleh petugas KKP Semarang sudah menggambarkan pelayanan yang excellent dengan tingkat kepuasan pelanggan yang 100% merasa terpuaskan, sehingga patut dipertahankan.

Rata rata hasil Survey dari 43 responden semuanya menyatakan puas dengan pelayanan yang petugas berikan.

Pelayanan yang cepat mempengaruhi 69.8% kepuasan pelanggan, sedangkan petugas yang ramah sebesar 30.2%  



 
 



















Kategori Berita

Arsip File