Penandatanganan Pakta Integritas menuju pembangunan kesehatan yang lebih baik, bersih dan melayani

Menindaklanjuti arahan Menteri Kesehatan RI dalam mewujudkan Pembangunan Kesehatan yang Baik, Bersih dan Melayani, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang beserta jajarannya secara serentak melaksanakan penandatanganan Komitmen Anti Gratifikasi. Prosesi penandatanganan yang juga disaksikan oleh Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kepala Bidang IPP, BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 13 Februari 2015 di Aula Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dipimpin oleh Sdri. Yuanita Tri Hastuti, SKM serta pembacaan doa oleh Sdr. Ponco Yuniarto, S.Kom. Acara semakin menarik ketika peserta kegiatan, yang terdiri dari Pejabat Struktural, Staf KKP di Induk dan Wilker di Lingkungan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, disuguhi video Tolak Gratifikasi yang dikemas secara menarik dan jenaka.


Pemutaran Film Tolak Gratifikasi sebagai Pembangkit Gairah Reformasi Birokrasi  

Selaku tuan rumah dan shohibul hajat, Kepala Sub Bagian Tata Usaha KKP Semarang, Bp. Badar Kirwono, SKM, M.Kes, menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan. Diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan hingga cita-cita dan upaya membangkitkan gelora dalam mewujudkan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani, dengan penuh semangat reformasi birokrasi.

Masih larut dalam suasana semangat reformasi birokrasi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Bp. Priagung Adhi Bawono, SKM, M.Med, Sc(PH), turut menyampaikan arahan, motivasi dan dukungan KKP Semarang untuk mewujudkan cita-cita mulia pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani. Wujud dukungan KKP Semarang dalam meraih Opini WTP antara lain Pelaksanaan Permenkes No. 14 Tahun 2014 tentang Pengendalian Gratifikasi; melaksanakan pembinaan dan pengendalian program; meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja Aparatur Sipil Negara; membangun jejaring kemitraan guna meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan komitmen dalam mencapai tujuan dan sasaran program; serta secara bertahap memperbaiki pengelolaan program secara efektif dan efisien tanpa mengurangi inovasi dan disiplin guna menyelaraskan dinamika permasalahan yang akan menjadi kerikil di masa depan. 


Sambutan dan Arahan Kepala KKP Semarang, Bp. Priagung Adhi Bawono, SKM, M.Med.Sc(PH) 

Seolah tidak ingin ketinggalan hanyut dalam semangat reformasi birokrasi yang dibangun KKP Semarang, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Bp. Bambang Wahyudi B, turut memberikan dukungan dan motivasi dalam mewujudkan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani. Beliau bahkan, dengan segala kerendahan hati, bersedia membantu KKP Semarang dalam menyusun rencana tindak lanjut pasca penandatanganan komitmen melalui pengiriman delegasi untuk melakukan pendampingan dalam pembentukan Satgas SPIP di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat, yaitu Bp. Adi Gemawan selaku Kabid IPP.


Sambutan dan Arahan Kepala BPKP Provinsi Jawa Tengah, Bp. Bambang Wahyudi B.  

Sebagai aksi nyata dari cita-cita Pembangunan Kesehatan yang baik, bersih dan melayani, Kepala KKP Semarang beserta jajarannya secara lantang memekikkan Ikrar Komitmen yang dipandu oleh Pejabat Pembuat Komitmen KKP Semarang, Bp. Suprapto, SKM, M.Kes (Epid) dengan penuh semangat kebersamaan dan reformasi birokrasi. Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan penandatanganan komitmen pada selembar kertas panjang berukuran 1,5 x 2 m yang ditempel di dinding yang berisikan 10 point komitmen, didahului Kepala KKP Semarang yang pertama kali membubuhkan tanda tangan kemudian para saksi dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Kasubbag TU, Kasi PKSE, Kasi PRL, Kasi UKLW dan Koordinator Masing-masing wilker. Pembubuhan tanda tangan berlanjut pada secarik kertas dasmin menurut template yang telah disediakan oleh seluruh civitas institusi KKP Semarang.


Pembacaan Ikrar Komitmen diikuti seluruh jajaran dipimpin oleh Pejabat Pembuat Komitmen KKP Semarang, Bp. Suprapto, SKM, M.Kes(Epid)


Kepala KKP Semarang, Bp. Priagung Adhi Bawono, SKM, M.Med.Sc(PH) didampingi saksi Kepala BPKP Perwakilan Prov. Jateng saat membubuhkan tanda tangan pada selembar kertas komitmen yang ditempel di dinding Aula KKP Semarang 

Prosesi penandatanganan komitmen ditutup dengan foto bersama seluruh pejabat struktural dan staf KKP Semarang beserta saksi dari BPKP perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Babak baru menuju arah yang lebih baik telah dimulai. Hingga pada akhirnya, kami pun siap berucap, melaksanakan pembangunan kesehatan yang baik, bersih dan melayani??? Siapa takut.  ( Penulis : Nuri Handayani, SKM )



Kepala KKP Semarang, Bp. Priagung Adhi Bawono, SKM, M.Med.Sc(PH) didampingi saksi Kepala BPKP Perwakilan Prov. Jateng saat membubuhkan tanda tangan pada secarik kertas dasmin


Foto bersama dengan menunjukkan komitmen yang sudah di tandatangani


Isi Komitmen yang sudah di tandatangani oleh Pejabat Struktural dan Koordinator Wilker KKP Semarang dan Saksi dari BPKP Perwakilan Prov. Jateng 














Kategori Berita

Arsip File