Pelatihan GIS bagi petugas KKP Semarang

Bertempat di Susan Spa & Resort, Bandungan, Ambarawa, Kabupaten Semarang, diadakan pelatihan pengolahan data dengan GIS (Geographic Information System) bagi petugas KKP Semarang. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 21 Mei sampai 23 Mei 2014. Peserta Pelatihan adalah pegawai KKP Semarang baik yang berasal dari perwakilan tiap seksi di Kantor induk dan perwakilan semua Wilker KKP Semarang. Narasumber/Trainer pada pelatihan ini adalah pakar GIS dari lembaga pelatihan Smile Group Yogyakarta, yaitu Hafidh M Hakim, S.Si, Dimar Wahyu Anggara, S.Si, Budiman, S.Si, dan Sullamul Huda, SS.

Acara diawali dengan rangkaian acara pembukaan yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KKP dilanjutkan sambutan dari Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) selaku ketua panitia, Hj. Tri Heriyanti, SKM. Dalam sambutannya, Kepala Seksi PKSE menyampaikan bahwa pelatihan GIS ini diadakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas KKP Semarang di bidang pengolahan dan analisis data kesehatan berbasis IT, terutama yang berhubungan dengan kegiatan surveilans epidemiologi. Acara selanjutnya adalah sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala KKP Semarang, Priagung Adhi Bawono, SKM, M.Med.Sc (PH). Dalam sambutannya, Kepala KKP Semarang berpesan bahwa setelah melaksanakan pelatihan ini diharapkan petugas KKP Semarang dapat mengaplikasikan GIS dalam tupoksi kerja di KKP yaitu dapat mengolah data menggunakan GIS dan dapat memetakan faktor risiko penyakit, lingkungan, dan masalah kesehatan lainnya di wilayah kerja masing-masing. Rangkaian acara pembukaan ditutup dengan doa, dan selanjutnya memasuki sesi materi oleh narasumber.

Materi dibuka dengan perkenalan masing-masing narasumber dilanjutkan dengan pengenalan dasar-dasar aplikasi GIS. GIS merupakan aplikasi yang memadukan data angka dan data spasial (keruangan) yang dapat digunakan untuk mengolah sekaligus menyajikan data yang berbasis pemetaan. GIS dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, termasuk di bidang kesehatan. Dalam bidang kesehatan, GIS sangat membantu terutama untuk memetakan distribusi dan frekuensi faktor risiko penyakit, jumlah kasus penyakit, munculnya kasus penyakit baru, dan permasalahan kesehatan lainnya sehingga dapat menentukan pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah kesehatan dengan lebih akurat dan efisien.

Materi yang disampaikan oleh narasumber selama 3 hari antara lain meliputi pengenalan dan praktik ArcCatalog, Geodatabase, ArcMap, Rektifikasi dan Digitasi Peta,  pengenalan GPS, Link Database, Query Data, Out put, dan Penyusunan Lay Out Peta. Dalam materi juga terdapat praktik lapangan yaitu praktik penggunaan GPS (Global Positioning System) yang bertempat di lapangan/taman yang terdapat di Susan Spa & Resort. GPS merupakan alat yang berfungsi untuk mengetahui posisi riil di lapangan dengan penginderaan satelit yang dapat digunakan sebagai salah satu database aplikasi GIS. Dengan praktik ini peserta pelatihan dilatih untuk menggabungkan ttik dan track/jejak menjadi sebuah area pemetaan.

Pada materi Out put dan Penyusunan Lay Out Peta, peserta pelatihan dilatih untuk mengolah sekaligus menyajikan data dengan mengambil contoh pemetaan kasus ISPA di wilker masing-masing. Rangkaian acara pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Sub Bag Tata Usaha, H. Badar Kirwono SKM, M.Kes dengan mengucapkan terima kasih kepada narasumber serta atensi seluruh peserta, dan berharap agar pelatihan ini dapat diaplikasikan khususnya untuk menunjang tupoksi pegawai di KKP Semarang dan memanfaatkannya dalam bidang kesehatan masyarakat pada umumnya. Pada acara penutupan juga diserahkan sertifikat secara simbolis dari narasumber kepada Kepala Sub Bag TU dan selanjutnya diserahkan kepada perwakilan peserta. (Ariyanto, SKM)

Pembukaan Pelatihan GIS Oleh Kepala KKP Semarang didampingi Kepala Seksi PKSE dan perwakilan narasumber

 

Peserta Pelatihan antusias mengikuti penyampaian materi dari narasumber


Praktik Lapangan Penggunaan GPS

 

Penyerahan Sertifikat Oleh Ka. Sub Bag TU kepada perwakilan peserta pelatihan


Foto Bersama Narasumber, Ka.KKP Semarang, Ka.Sie PKSE dan seluruh peserta Pelatihan

 














Kategori Berita

Arsip File