KKP Semarang Tangguh dan Prima

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, juga atas kerja keras semua unsur, baik dari jajaran struktural sampai staf seluruh Pegawai KKP Semarang, baru baru ini KKP Semarang mendapatkan Penghargaan atas Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak. Pada Pertemuan Penyusunan Target dan Pagu PNBP Tahun 2015, di Hotel New Shaphir  Yogyakarta, tanggal 14 17 April 2014, Bapak Sesditjen PP dan PL, dr.H. M.Subuh, MPPM memberikan penghargaan bagi satker yang selama tahun 2013 mendapat apresiasi baik oleh unit eselon I, adapun kriteria dari penilaian terbaik adalah tepat waktu dalam penyampaian pelaporan, tertib dalam pencatatan dan pelaporan serta responnya cepat dalam memberikan data yang diperlukan oleh unit eselon I. Selain KKP Semarang, KKP Ternate, BBTKL Yogyakarta dan BBTKL Banjarbaru juga memperoleh penghargaan sebagai satker yang baik dalam pengelolaan PNBP nya.

Penghargaan terbaik ini juga tidak lepas karena sistem perbendaharaan KKP Semarang sudah menggunakan Si Perkasa (Sistem Informasi Perbendaharaan Semarang). Sistem ini online dan terintegrasi seluruh penerimaan PNBP yang masuk baik yang ada di Induk maupun wilker. KKP Semarang masih terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam segala aspek baik secara sistem maupun Pengembangan SDM nya agar Program-program yang direncanakan bisa tercapai maksimal. Bendahara Penerimaan KKP Semarang (Sri Astuti, SKM), yang mewakili Instansi untuk mengikuti pertemuan sekaligus menerima penghargaan, mendapat pesan oleh Bapak sesditjen PP dan PL agar KKP Semarang bisa mempertahankan apa yang diraih sekarang, Penghargaan ini khususnya dalam pengelolaan PNBP akan sangat mendukung Sertifikat IS0 9001:2008 yang sudah KKP Semarang terima.

Prestasi KKP Semarang tidak cukup sampai disitu, karena kemaren pada Tanggal 8 Mei 2014 bertempat di Hotel Bukit Gumati Batutulis Bogor, KKP Semarang melakukan desk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2013 dengan Tim Audit dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.  KKP Kelas II Semarang yang pada saat desk diwakili oleh Bp.Badar Kirwono, SKM, M.Kes (Kepala Sub Bagian Tata Usaha) dan Sri Astuti, SKM (Bendahara Penerimaan KKP Semarang) mendapat jadwal melakukan desk dengan Ibu Dian Ambarini S.Sos, MM dan Bp. Edi Swasono, ST, tim audit dari Itjen Kemenkes.

Adapun point-point yang di evaluasi meliputi :

a.   Perencanaan  Kinerja (Perencanaan Strategis dan Perencanaan Kinerja Tahunan)

b.   Pengukuran Kinerja (Pemenuhan, Kualitas dan Implementasi Pengukuran).

c. Pelaporan Kinerja (Pemenuhan Pelaporan, Penyajian Informasi Kinerja dan Pemanfaatan Informasi Kinerja)

d.   Evaluasi Kinerja (Pemenuhan, Kualitas dan Pemanfaatan Kinerja)

e.   Pencapaian Sasaran Kinerja Organisasi (Kinerja yg dilaporkan, target yang dicapai, capaian kinerja dibandingkan dengan tahun sebelumnya)

Hasil evaluasi dari tim Itjen Kemenkes pada tanggal 8 Mei 2014 KKP Semarang mendapat nilai yang sangat memuaskan yaitu 95%.

Hasil evaluasi tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan dari hasil evaluasi tahun 2012 yang waktu itu dilaksanakan pada tanggal 18 April 2013 memperoleh nilai 73,55% (Baik, perlu perbaikan sedikit).

Adapun hasil yang masih kurang dari hasil evaluasi oleh tim Itjen adalah sebagai berikut :

  • Pada Point Pencapaian Sasaran/Kinerja Organisasi, pada point ini ada 2 indikator yaitu indikator 3 dan 5 (dari 9 Indikator KKP yang sudah ditetapkan) yang capaiannya kurang dari targetnya, permasalahannya adalah adanya efisiensi anggaran yang tidak disertai dengan revisi target, sehingga kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal.
  • Yang kedua adalah ada satu indikator yang capaian kinerja yang lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2013 (indikator 7).

Berbagai penghargaan dan keberhasilan ini menjadi tanggung jawab bersama untuk bisa mempertahankannya pada tahun-tahun berikutnya. Keberhasilan ini bisa menjadikan semangat lebih baik lagi bagi KKP Semarang dalam menjalankan Tupoksi KKP, yang Egoverment......

Selamat Untuk KKP Semrang....KKP Semarang Tangguh dan Prima....

(Sri Astuti, SKM)


Bapak Sesditjen Pada waktu membuka acara Pertemuan Penyusunan Target dan Pagu PNBP Tahun 2015 di Hotel New Saphir Yogyakarta.



KKP Semarang, yang diwakili oleh Bendahara Penerimaan saat menerima Penghargaan oleh Bp. Sesditjen PP dan PL



Foto Sesditjen PP dan PL bersama Satker yang menerima penghargaan (KKP  Semarang, KKP Ternate, BBTKL Banjarbaru dan BBTKL Yogyakarta) dengan Kabag Keuangan PP dan PL, Kepala BBTKL Yogyakarta

 
 














Kategori Berita

Arsip File