PBL Mahasiswa STIKES HAKLI Semarang

Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang pada tanggal 3-5 Pebruari 2014 menerima PBL (Praktek Belajar Lapangan) mahasiswa Prodi DIII Kesehatan Lingkungan STIKES HAKLI Semarang sebanyak 23 mahasiswa dengan 2 orang dosen Pembimbing Lapangan. Dalam kunjungan ini ada beberapa kompetensi yang menjadi target pencapaian selama kegiatan PBL di KKP, sebagai berikut : 

  1. Mempraktekkan, mengerjakan teknik survey dan pengendalian vektor dan binatang penganggu di lingkungan KKP dan pada armada transportasi angkutan umum di laut.
  2. Mengoperasikan alat-alat pemberantasan vektor dan binatang penganggu.

Kegiatan PBL ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu materi dan praktek lapangan. Sebelum sesi materi dimulai terlebih dahulu diawali dengan serah terima mahasiswa dari STIKES HAKLI (diwakili oleh ibu Rr. Sri Djumiati, SKM) kepada KKP Semarang (diterima langsung oleh kepala KKP Semarang, dr. Anas Maruf, MKM).

Sesi materi pada hari I bertempat di ruang aula lantai 2 kantor baru KKP Semarang di Jl. WR Supratman no. 6.  Sebelum sesi materi dimulai terlebih dahulu dilaksanakan pre tes untuk mengukur pengetahuan mahasiswa tentang KKP. Kemudian dilanjutkan paparan materi KKP secara umum dari Kepala KKP (dr. Anas Maruf, MKM), materi dari Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE), seksi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) dan Seksi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW). Setelah sesi materi berakhir, dijelaskan secara singkat tentang pelaksanaan kegiatan lapangan pada hari kedua dan ketiga.

Pada hari kedua, kegiatan difokuskan untuk praktek lapangan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelaksanaan kegiatan pada hari kedua ini dimulai dengan sambutan singkat dan paparan materi dari Kepala Terminal Penumpang (Bapak Muntasir). Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek pengendalian vektor nyamuk (fogging). Praktek fogging ini dibagi menjadi 4 tim sehingga masing-masing tim dapat praktek langsung menggunakan alat fogging dan melakukan fogging di lantai 2 gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas.

Selanjutnya yaitu pemeriksaan sampel air bersih dan pengukuran kebisingan. Semua tim diajak untuk praktek pengukuran kebisingan dengan soundlevel meter serta pengambilan dan pemeriksaan sampel air bersih dengan alat water tes kit dengan parameter yang diperiksa adalah fisik (warna, bau, rasa, suhu, TDS dan kekeruhan) dan kimia terbatas (pH dan sisa chlor). Selanjutnya mahasiswa diajak untuk boarding ke KM. Leuser (PT. PELNI). Dalam kegiatan boarding kapal ini mahasiswa diberi materi singkat oleh Kapten KM. Leuser dan dilanjutkan dengan penjelasan dari KKP disertai dengan pengambilan sampel air bersih dan air minum.

Setelah kegiatan boarding kapal, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan pearangkap (trapping) dan survey jentik nyamuk ke wilayah buffer. Namun karena kondisi lingkungan di wilayah sekitar Pelabuhan yang terendam banjir, lokasi survey yang semula di wilayah buffer Pelabuhan Tanjung Emas dialihkan ke wilayah buffer Bandara Ahmad Yani. Kegiatan pemasangan perangkap dan survey jentik dibantu sepenuhnya oleh wilayah kerja Bandara Ahmad Yani dan Kader Kesehatan Pelabuhan  Wilker Bandara Ahmad Yani.

Kegiatan hari ketiga diawali dengan pengambilan perangkap kemudian dilakukan identifikasi tikus dan pinjal. Setelah semua kegiatan lapangan selesai, kegiatan berikutnya yaitu post tes dan ditutup dengan penyerahan kembali mahasiswa dari KKP (yang diwakili oleh Kepala Seksi UKLW (dr. Arqu Aminuzzab) kepada Ketua Prodi DIII Kesehatan Lingkungan STIKES HAKLI, Gandung Supriyono, SKM.

Adanya kunjungan mahasiswa ke KKP Semarang, merupakan salah satu media pengenalan ke masyarakat tentang KKP. Hal ini sangat penting karena KKP merupakan salah satu UPT Kemenkes yang ada di daerah yang tidak hanya memberikan pelayanan vaksinasi umroh dan pemeriksaan dokumen kesehatan kapal, namun sebenarnya mempunyai 16 tugas pokok dan fungsi. (Windy Cintya Dewi, SKM)


Pelaksanaan pre tes & post tes untuk mengukur pengetahuan mahasiswa


Paparan materi yang disampaikan oleh Kepala Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang



Paparan singkat tentang fogging dilanjutkan praktek penggunaan mesin fogging



Mahasiswa sedang melakukan praktek fogging di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang



Penjelasan singkat dan praktek pengukuran kebisingan di Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang


Mahasiswa tampak antusias mendengarkan penjelasan dan praktek pemeriksaan sampel air bersih

Penjelasan tentang pemeriksaan dokumen kesehatan kapal



Praktek survey jentik di wilayah Buffer Bandara Ahmad Yani Semarang



Praktek pemasangan perangkap di wilayah Buffer Bandara Ahmad Yani Semarang



Mahasiswa praktek identifikasi jenis tikus dan pinjal  














Kategori Berita

Arsip File