Lanjutkan tahun kinerja, berprestasi dan berinovasi

"Pada tahun 2014, mari kita lanjutkan untuk berkinerja lebih baik, berprestasi dan berinovasi", demikan kata Kepala KKP Semarang, dr. Anas Ma'ruf MKM, saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Induk Wilker di Kantor Baru KKP Semarang Jl. WR Supratman No.6 Semarang pada 28 Januari 2014. Rapat diikuti oleh seluruh pejabat struktural, koordinator wilker dan perwakilan staf TU dan seksi. Kepala kantor menyampaikakan bahwa pada tahun 2013, seluruh komponen KKP Semarang telah sepakat untuk menjadikan tahun 2013 sebagai tahun kinerja, berprestasi dan berinovasi. Sebagai hasilnya, pada tahun 2013 KKP Semarang telah berhasil meraih kemajuan antara lain menerapkan inovasi dalam penggunaan IT yaitu SIPERKASA (Sistem Informasi Perbendaharaan KKP Semarang), meluncurkan website (www.kespelsemarang.com), meraih sertifkat ISO 9001:2008, meningkatnya infrastruktur dan sarpras di kantor induk maupun wilker, dan lain-lain.

Oleh karena itu tahun 2014 dan tahun-tahun seterusnya tetap dijadikan sebagai tahun kinerja, berprestasi dan berinovasi. Menurut dr. Anas, kinerja pada tahun 2014 harus lebih baik, karena setiap pegawai harus mempunyai SKP (Sasaran Kerja Pegawai) yang dinilai secara rutin oleh atasan langsung/pejabat penilai. Disamping itu kehadiran pegawai juga betul-betul direkapitulasi, berkaitan dengan besaran tunjangan kinerja (Tukin) yang akan diterima pegawai. Hal ini sesuai dengan Permenkes No. 83 tahun 2013  tentang Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

 Selanjutnya dr. Anas mengatakan bahwa prestasi dapat dilakukan dengan membuat program unggulan di masing-masing seksi/TU, melakukan pekerjaan rutin dengan benar dan tepat waktu, dll. Prestasi bisa diraih oleh individu/kelompok/organisasi. Sedangkan Inovasi dapat berupa menciptakan hal-hal baru, terobosan-terobosan baru, misalnya pendaftaran vaksinasi secara online, GIS, Sistem informasi berbasis IT, pengembangan klinik VCT, website,  dll.


Salah satu slide arahan Kepala KKP Semarang, dr. Anas Maruf, MKM 

Pada bagian lain kepala kantor menyampaikan bahwa KKP Semarang patut bersyukur karena penyerapan DIPA Tahun 2013 mencapai 92,4%. Meski masih lebih rendah dari target (minimal 93%) namun penyerapan ini sudah melebihi rata-rata penyerapan di Ditjen PP dan PL (91%). Demikian juga halnya, perolehan PNBP KKP Semarang tahun  2013 juga melebihi target yaitu mencapai 7,2 M (dari target 3,5 M).

Pada bagian akhir arahannya, dr. Anas menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam waktu dekat ini yaitu kantor induk dan wilker harus meningkatkan pelayanan vaksinasi meningitis umroh, peduli terhadap bencana dan masalah kesehatan yang terjadi di wilayah masing-masing, serta menjadikan lingkungan kerja yang sehat, indah, bersih, rapi an aman.

Setelah arahan dari Kepala Kantor, rapat koordinasi dilanjutkan dengan presentasi dari Pejabat Pemegang Komitmen/PPK  (Hepnu Anton Budiono) tentang DIPA dan srategi penyerapan anggaran 2014, Penanggung Jawab Kepegawaian (Ponco Yuniarto) tentang SKP, serta perwakilan masing-masing seksi tentang penjabaran POK Tahun 2014.  (Yayuk Agustin Hapsari, SKM)


PPK (Hepnu Anton Budiono) sedang menyampaikan presentasi tentang DIPA 2014


Peserta Rapat Koordinasi Induk-Wilker KKP Semarang di Aula Kantor Baru

 














Kategori Berita

Arsip File