Capaian Kegiatan Wilker Bandara Ahmad Yani Tahun 2013

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang mempunyai 9 wilayah kerja (wilker) diantaranya Wilker Bandara Ahmad Yani Semarang. Dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi, wilayah kerja merupakan miniatur dari KKP Semarang. Sehingga apa yang dilakukan oleh KKP induk juga dilakukan oleh wilayah kerja. Pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi wilayah kerja setempat.

Kegiatan yang dilakukan Wilker Bandara Ahmad Yani Semarang tahun 2013 secara garis besar adalah sebagai berikut :

1. Kekarantinaan dan Surveilans Epidemiologi

a. Pengawasan Lalu Lintas Pesawat pada Penerbangan Internasional

Penerbangan Internasional di Bandara Ahmad Yani Semarang mengalami peningkatan setiap bulannya, hal ini karena terdapat penambahan beberapa penerbangan internasional dengan rute tujuan Singapore-Semarang-Singapore oleh Maskapai Air Asia dan Silk Air. Sedangkan sebelumnya hanya rute penerbangan Kuala Lumpur-Semarang-Kuala Lumpur oleh maskapai Air Asia. Dari hasil pengawasan penumpang tidak terlihat indikasi adanya penyakit karantina dan menular potensial wabah lainnya.

b. SE Penyakit Karantina dan Penyakit Menular Potensial Wabah pada Sarana Kesehatan.

Grafik Jumlah Kunjungan Poliklinik Pada Sarana Kesehatan

Jenis penyakit dengan jumlah tertinggi pada kunjungan poliklinik Sarkes yaitu ISPA yang terjadi pada Bulan Maret 2013 dan tidak ada indikasi adanya penyakit karantina dan potensial wabah lainnya.

2. Pengawasan Lalu Lintas OMKABA

Di bandara Ahmad Yani belum ada kegiatan Eksport/Import OMKABA. Kantor wilker melakukan pengawasan OMKABA bawaan alat angkut dan penumpang dari Singapore dan Kuala Lumpur. Bila OMKA dibawa untuk kepentingan sendiri, harus dibuktikan dengan surat pernyataan bahwa obat yang dibawa tersebut adalah untuk konsumsi sendiri dan tidak untuk diperdagangkan.

3. Pengawasan Lalu Lintas Jenazah

Dari hasil pemantauan lalu lintas jenazah terdapat 59 jenazah datang dari luar negeri dan 197 dari dalam negeri. Dari pemeriksaan dokumen tidak ditemukan adanya indikasi penyakit karantina dan penyakit menular potensial wabah.

4. Pelayanan Kesehatan

Jumlah kunjungan poliklinik KKP tahun 2013 sebanyak 1330 kunjungan. Kunjungan poli terbanyak pada bulan april. Sedangkan jenis penyakit terbanyak adalah ISPA, yaitu sebanyak 158 kasus. Pasien yang datang ke klinik KKP selain penumpang juga karyawan yang berada di lingkungan Bandara A. Yani Semarang (karyawan Angkasa Pura, Maskapai penerbangan, Ground handling dan lain-lain) serta pengantar/penjemput penumpang di bandara.

5. Pengawasan Pengangkutan Orang Sakit dan Pemberian Layak Terbang

Pemberian Surat Keterangan Layak terbang tertinggi pada bulan Agustus dan November 2013. Dari hasil pemantauan lalu lintas orang sakit tidak ditemukan adanya penyakit karantina atau menular potensial wabah lainnya. Surat keterangan layak terbang terbanyak diberikan dalam rangka pengangkutan orang sakit.

6. Pemeriksaan Obat dan P3K Pesawat

Pemeriksaan obat dan P3K pesawat dilaksanakan secara random sebulan 4 kali. Yaitu pada pesawat Air Asia tujuan ke Singapura dan Kuala lumpur serta Silk Air tujuan ke Singapore. Selama tahun 2013, hasilnya baik.

7. Pengawasan Kesehatan Matra (Pelayanan Posko Lebaran dan Posko Natal dan Tahun Baru)

Pelayanan Posko dilaksanakan di Terminal penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang, dengan melibatkan fasyankes di sekitar bandara, yaitu Kesehatan Pangkalan TNI AD dan Puskesmas Lebdosari Semarang.

8. Kegiatan Pengendalian Risiko Lingkungan

NO

KEGIATAN

SATUAN

JUMLAH

A.

PROGRAM LIGKUNGAN SEHAT



1

Inspeksi Sanitasi Pesawat

pesawat

583

2

Inspeksi Sanitasi TPM

TPM

188

3

Pengawasan TTU

TTU

71

4

Pemeriksaan Sampel Air di Pelabuhan/ Bandara

Sampel

96

5

Pemeriksaan dan Pengambilan sample Makanan/Minuman

- Pemeriksaan Organoleptik

- - Pemeriksaa - Kimia

- Pemeriksaaan Bakteriologis

Sampel

144

95

0

44

6

Pemeriksaan Kualitas Udara

Sampel

20

7

Pengukuran Kebisingan

Sampel

8

II

PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT



8

Pengamatan Tikus dan Pinjal

Perangkap

1500

9

Survei Nyamuk

Kali

4

10

Survei Jentik Nyamuk

Kali

12

11

Survei Lalat

Kali

12

12

Pemberantasan Jentik Nyamuk ( Larvasidasi )

Kg

16

13

Pemberantasan Nyamuk ( Fogging )

Ha

3

14

Pemberantasan Lalat

Ha

2

15

Pemberantasan Serangga Pada Alat Angkut

Kali

0

Demikian capaian kegiatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang Wilayah Kerja Bandara Ahmad Yani Semarang tahun 2013. Semoga capaian kegiatan tersebut bisa meningkatkan tugas pokok dan fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan di tahun 2014. (Tim Wilker Bandara Ahmad Yani Semarang)














Kategori Berita

Arsip File