Perkembangan banjir di Jepara - Jateng

Luas daerah yang terkena banjir di Kabupaten Jepara-Jawa Tengah, sampai hari ini (Jumat, 24/1/2014) masih sama. Meskipun pada pagi sampai siang hari kemarin (23/1/2014) terjadi penurunan ketinggian banjir di beberapa lokasi, namun pada sore hingga pagi ini terjadi hujan yang merata di daerah Jepara. Hal ini menyebabkan ketinggian banjir dan jumlah pengungsi bertambah. Sudah ada bantuan logistik, obat-obatan dan pakaian dari instansi-instansi terkait, namun untuk penyebarannya belum merata. Sementara itu evakuasi korban banjir masih terus dilakukan. Dari aspek lalulintas, sampai pagi ini jalur menuju Jepara dari Demak masih terputus di daerah Welahan. Sedangkan dari arah Kudus masih terputus di daerah Mayong.

Selain banjir yang terjadi di Jepara bagian selatan,  juga terjadi tanah longsor di beberapa titik di Jepara bagian utara. Beberapa desa yang terkena tanah longsor antara lain Desa Bungu (Mayong), Desa Tanjung (Mlonggo), Desa Sumber Rejo (Donorejo), dan Desa Tempur (Keling) pada Rabu pagi (22/1/2014). Desa yang terkena tanah longsor paling parah terjadi di Dukuh Glagah dan Dukuh Kidulan,Tempur Kecamatan Keling. Rumah yang terkena longsor ada yang mengalami rusak ringan hingga roboh. Namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Akses menuju lokasi juga hanya bisa dilewati menggunakan kendaraan roda dua, karena sebagian badan jalan tertimbun longsor.

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang Wilker Jepara bersama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kabupaten Jepara kemarin telah melakukan Posko di Desa Manyar Gading. Dimana pada lokasi tersebut terdapat pengungsi dari Desa Batukali, Pecangaan. Sebagian besar pengungsi terdiri dari wanita, lansia dan anak-anak.

KKP Semarang Wilker Jepara, membantu yankes di salah satu pos kesehatan

Ambulans KKP Semarang, terlibat evakuasi korban banjir di Jepara

Sementara itu TGC KKP Semarang pagi ini (24/1/2014) sedang berjuang menembus banjir di Juwana, Pati untuk melihat kondisi  Kantor Wilker Juwana yang terendam banjir akibat meluapnya sungai Juwana. Kantor Wilker Juwana berada di Pelabuhan Juwana yang terletak di muara sungai Juwana. Seluruh perkantoran di pelabuhan tersebut terendam banjir.

Sejak semalam TGC KKP Semarang telah berada di Pati. Tim bersama petugas Wilker Juwana memberikan bantuan obat-obatan dan bantuan kemanusiaan yang lain di pos-pos pengungsian. (TGC KKP Semarang dan Tim Wilker Jepara)

Ambulans TGC KKP Semarang terjebak banjir di perjalanan Pati-Juwana

TGC KKP Semarang terpaksa naik perahu menuju kantor wilker Juwana

TGC KKP Semarang mengambil sampel air di salah satu pos pengungsi

TGC KKP Semarang menyerahkan bantuan di salah satu pos pengungsi di Pati, Jateng

 














Kategori Berita

Arsip File