Pemantauan Posko Kesehatan Arus Mudik Lebaran 1440 H/ 2019 M Di Lingkungan Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. DR. dr.Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM(K) mengunjungi posko kesehatan mudik yang ada di gerbang tol Kalikangkung Semarang pada Jumat 31 Mei 2019. Kapolri, Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D., Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kabasarnas Madya (TNI) Bagus Puruhito, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mohammad Efendi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si juga turut dalam kunjungan tersebut. Rombongan tiba di lokasi pukul 15.15 Wib dengan menggunakan helikopter dari AU. Dalam kesempatan tersebut Kapolri dan rombongan meninjau Posko terpadu dan menerima laporan seputar kesiapan personel pengamanan mudik lebaran 2019 di gerbang tol Kalikangkung. 


Menkes tiba di Posko Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang

Kapolri menyampaikan apresiasi kepada petugas di pos terpadu yang telah siap bilamana ada lonjakan arus mudik. Saya harap juga akan ada antisipasi semua gangguan kamtibmas saat lebaran nanti, termasuk teroris serta begal. Ini semua untuk menjamin masyarakat dapat melaksanakan lebaran di kampung dengan aman dan nyaman, tutur Kapolri.

Panglima TNI, Hadi Tjahjanto menyampaikan personel TNI yang ada di Kalikangkung siap mendukung dalam rangka keamanan dan kenyamanan arus mudik lebaran 2019. Tingkatkan koordinasi antar stakeholder sehingga masyarakat dapat menikmati lancarnya arus mudik tahun ini, pesan Panglima TNI kepada personel Pos Pam terpadu Kalikangkung.

Kepala Basarnas, Bagus Puruhito menyampaikan telah menyiapkan 10 pos siaga lebaran di Jawa Tengah, juga melibatkan Sar dari TNI dan Polri. Basarnas siap mendukung pelaksanaan pengamanan lebaran dan arus mudik di Jawa Tengah.

Sementara itu Menkes Nila F Moeloek, menyampaikan kesiapan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang dengan 13 posko yang tersebar di titik rawan kecelakaan Kota Semarang, juga pelayanan kesehatan di Puskesmas rawat inap 24 jam dan bekerja sama dengan rumah sakit beserta instansi kesehatan lainya 

Menjadi perhatian kita semua agar dalam mudik tahun 2019 ini semua menjadi lebih baik dari sebelumnya. Saya ucapkan apresiasi kepada TNI Polri dan semua stakeholder terkait bantuan dan kerjasama dalam menjaga kelancaran arus mudik tahun 2019. Tutur Menkes

 Kami telah menyiapkan tenaga kesehatan yang bertugas 24 jam yang tersebar di Pos Kesehatan di rest area yang dilalui serta Puskesmas, Rumah Sakit, PSC 119 (Public Safety Center) juga termasuk penggunaan ambulance roda 2 untuk fast respon mendukung pelayanan esehatan selama arus mudik lebaran.

Kami juga menghimbau para pemudik untuk merencanakan perjalananya jauh hari sebelumnya terutama pengemudi untuk menjaga dan melakukan chek kesehatanya serta setiap 4 jam untuk beristirahat sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Pada intinya kemenkes dan jajaran siap membantu kelancaran arus mudik dengan berdirinya posko-posko kesehatan di titik-titik rest area dan di titik-titik posko mudik. Tekan Menteri Kesehatan.


Menkes meninjau posko kesehatan di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali

Pada kesempatan terpisah Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr Anung Sugihantono, M.Kes melakukan pemantauan posko kesehatan mudik di wilayah Kota Semarang pada Minggu 1 Juni 2019.

Pemantauan diawali dengan mengunjungi Posko Terpadu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yang dilaksanakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang  bekerjasama dengan KKP Semarang. Pada saat kunjungan dilaksanakan terdapat kapal KM Dobonsolo yang baru saja berlabuh di Dermaga, dengan membawa lebih dari 3000 pemudik gratis dari Jakarta yang membawa sepeda motornya, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke kota tujuan masing masing.

Bapak Dirjen P2P disambut oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang  Ahmad Wahid, ST.,MT., M.Mar.E. dan berkenan mendampingi dalam kunjunganya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang


Pemantauan arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang oleh Dirjen P2P Kemenkes didampingi Kepala KSOP Tanjung Emas

Dirjen P2P berbincang dengan beberapa pemudik serta membagikan masker untuk digunakan pemudik motor melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan masing masing. Pada kesempatan tersebut Dirjen P2P juga menyerahkan logistik dan Family Hygiene Kit secara simbolis untuk kegiatan Posko yang dilaksanakan oleh KKP Semarang bersama stakeholder di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Peninjauan dilanjutkan ke Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 di  Bandar Udara A Yani Semarang yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura I bekerjasama dengan KKP Semarang, Rombongan diterima perwakilan GM PT. Angkasa Pura I untuk menjelaskan layanan posko terpadu di bandara A Yani, Bapak Dirjen berkenan menyerahkan bantuan logistik dan Family Hygiene Kit untuk posko terpadu.


Dirjen P2P meninjau posko terpadu pelayanan arus mudik di Bandara Jend. Ahmad Yani Semarang

Menutup kegiatan pemantauan posko lebaran di wilayah Kota Semarang, Dirjen P2P meninjau suasana mudik di Stasiun Tawang, Semarang dan berkunjung ke pos kesehatan yang dikelola oleh PT. KAI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Pada mudik lebaran, pos kesehatan ini mendapat dukungan tenaga dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. pos dilengkapi juga dengan ruangan laktasi. Dr. Anung menghimbau kepada para pemudik agar melakukan persiapan secara matang baik fisik dan psikis sebelum berangkat dan selama perjalanan mudik. Hal itu dilakukan mulai dari sederhana dan mudah, siapapun bisa melakukannya seperti menjaga kebersihan, menggunakan masker atau sapu tangan ketika batuk/ flu, cuci tangan pakai sabun sebelum makan, dan pastikan juga bekal atau makanan yang dibawa benar-benar bersih dan sehat. Pemudik harus melakukan hal tersebut, terutama melakukan pemeriksaan bagi yang memiliki faktor risiko penyakit agar tidak menular atau terjadi hal yang tidak diinginkan saat mudik, pesan dr. Anung.

Penulis : Soeparlan, AMAK
















Kategori Berita

Arsip File