Tim Promotif Prefentif (TPP) Embarkasi SOC Solo (SOC) Mempunyai Trik Khusus Dalam Komunikasi Risiko Kepada Jamaah Calon Haji

Jamaah calon haji (JCH) kloter SOC-35 asal Kab. Wonosobo memasuki Asrama Haji Donohudan (AHD) tanggal 17 Juli 2019 pukul 06.00 WIB. Tentunya saat keberangkatan dari daerah, mereka telah mengikuti serangkaian seremonial pelepasaan dari Pemerintah Daerah. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh TPP, meraka mulai kumpul di Pendopo Kabupaten Wonosobo tanggal 16 Juli 2019 pukul 21.30 WIB, dan mereka baru diberangkatkan menuju AHD tanggal 17 Juli 2019 pukul 00.30 WIB.

Melihat kondisi mereka yang kurang istirahat, mengantuk dan kecapaian selama perjalanan, TPP Embarkasi Solo (SOC) mempunyai trik khusus dalam menyampaikan pesan kesehatan melalui komunikasi risiko. Hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan bisa lebih efektif dan dapat diingat oleh jamaah. Diharapkan pesan tersebut dapat dipraktikan oleh jamaah sejak masuk di asrama, pesawat, maupun di tanah suci.


TPP sedang memberikan Ice Breaking

Seperti yang dikatakan oleh Imam Abrori, SKM, MPH (selaku TPP dan Unit Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Embarkasi SOC), JCH perlu ditingkatkan kembali semangat dan kebugarannya saat sampai di asrama melalui permainan/ice breaking atau senam peregangan. Setelah kondisi JCH kembali semangat dan bugar, baru TPP memberikan pesan-pesan kesehatan kepada JCH Embarkasi Solo (SOC). Testimoni dari JCH, mereka merasa senang, ceria, semangat dan tidak membosankan, ada penyegaran suasana setelah lama duduk dalam perjalanan.

Adapun pesan-pesan yang disampaikan lebih diutamakan dalam rangka cegah tangkal penyakit seperti: Meningitis, MERS-CoV dan heat stroke, serta tips berhaji sehat mulai di asrama, pesawat, serta selama di tanah suci. Selain itu, TPP juga memberikan peragaan bagaimana menggunakan masker yang benar, serta menghimbau kepada JCH supaya tetap berperilaku hidup bersih dan sehat selama melakukan ibadah haji.


TPP saat memperagaakan cara menggunakan masker

Penulis :
Nur Idayanti, SKM
Imam Abrori, SKM, MPH














Kategori Berita

Arsip File